Cruise





PRE-CRUISE TIPS

Catatan Umum Saat Packing

1. Untuk kenyamanan, Anda disarankan untuk membawa barang yang diperlukan secukupnya. Setiap orang umumnya diperbolehkan untuk membawa hingga dua buah bagasi pribadi.

2. Bagasi yang akan dicheck-in dapat dilakukan pada check-in counter yang tersedia. Namun, Tas Terbuka, Kantong Plastik dan Barang Pecah Belah dibagasi tidak disarankan untuk check-in. Obat dan semua Dokumen penting tidak boleh ditempatkan didalam bagasi check-in, karena akan membutuhkan waktu untuk bagasi Anda dikirimkan ke kabin Anda.

3. Dalam hal kebijakan bagasi, disarankan untuk memeriksa kembali serta disesuaikan dengan ketentuan pihak maskapai penerbangan, jika Anda bepergian dengan udara sebelum dan selanjutnya.



Prosedur Check-In & Check-Out

Semua tamu wajib memberikan informasi pribadi dan dokumen sebelum menaiki kapal pesiar. Perjalanan ke beberapa tujuan membutuhkan paspor dan / atau visa khusus serta otorisasi perjalanan dari pihak terkait. Silahkan periksa dengan teliti mengenai dokumen terkait sebelum keberangkatan. Anda dapat juga menikmati perjalanan yang mudah dan lancar dengan melakukan Check-in secara online!

1. Biasanya online check-in tersedia dari 90 hari hingga 24 jam sebelum keberangkatan. Umumnya Anda akan diarahkan menuju counter untuk tamu yang telah melakukan check-in secara online. Check-in manual di counter umumnya tersedia dari 2 hari sampai 1 hari sebelum keberangkatan.

2. Check-in dan waktu Boarding tergantung pada jadwal kapal. Silahkan lihat kembali tiket pelayaran Anda yang akan menjelaskan waktu Boarding / Check-in.

3. Para tamu diminta untuk menunjukkan tiket pelayaran mereka di check-in counter untuk mendapatkan kartu kunci kabin mereka.

4. Tidak wajib untuk para tamu untuk memberikan kartu kredit / kartu debit atau deposit tunai untuk membuat akun onboard. Namun, pra-otorisasi akan memungkinkan proses check-out yang lebih cepat dan penyelesaian akhir dari akun Anda pada hari terakhir pelayaran Anda.

5. Atau, Anda mungkin dapat mendatangi resepsionis untuk settlement akun Anda.

6. Para tamu suite dapat menikmati prioritas check-in mereka, prioritas embarkasi dan disembarkasi serta bersantai di check-in lounge yang disediakan. (Tidak semua perusahaan pelayaran menyediakan lounge)

7. Disembarkasi (pendaratan) hanya akan dimulai setelah ijin kapal untuk berlabuh diperoleh dari pemerintah setempat.



Barang yang Dilarang

PERINGATAN : Jangan membawa barang berikut ke dalam atau keluar dari suatu Negara, atau Anda akan bertanggung jawab atas pelanggaran hukum serta konsekuensi sesuai dengan hukum setempat yang berlaku. Anda dapat dikenakan hukuman jika gagal untuk menyatakan kepada Bea Cukai saat membawa artikel yang tercantum berikut ini.

Artikel dilarang dan berbahaya untuk dibawa masuk :

1. Senjata Api, senjata api imitasi, amunisi dan bahan peledak dari segala jenis.

2. Mata uang palsu dan surat berharga palsu.

3. Barang cetakan, film, foto, piringan hitam, film sinematografi, kaset rekaman dimuat dan kaset video, compact disc (video dan audio), media penyimpanan untuk komputer dan artikel lain yang merugikan kepentingan politik, ekonomi, budaya dan moral Negara China. (Khusus untuk rute Kapal Pesiar yang berlayar/berlabuh diwilayah perairan nergara China.

4. Racun mematikan dari semua jenis.

5. Opium, morfin, heroin, ganja dan obat-obatan adiktif lainnya dan psikotropika.

6. Buah – buahan, sayuran, hewan hidup (kecuali anjing dan kucing sebagai hewan peliharaan), produk dari hewan, patogen mikro-organisme hewan dan tumbuhan, hama dan organisme berbahaya lainnya, bangkai hewan, tanah, organisme yang dimodifikasi secara genetik, hewan dan tanaman serta hasil produk yang relevan dari keduanya atau benda subjek lain yang harus dikarantina dinegara atau suatu wilayah yang dapat terdampak dari epidemi penyakit hewan atau tanaman.

7. Bahan makanan, obat – obatan dan barang lainnya yang berasal dari epidemi daerah yang dilanda serta berbahaya bagi manusia, ternak, tanaman dan lingkungan hidup atau yang dapat menyebarkan penyakit.

Artikel dilarang dan berbahaya untuk dibawa keluar :

1. Semua artikel yang disebutkan sebagai artikel dilarang untuk dibawa masuk, sesuai diatas.

2. Manuskrip, barang cetakan, film, foto, piringan hitam, film sinematografi, kaset rekaman dimuat dan video kaset, compact disc (video dan audio), media penyimpanan untuk komputer dan artikel lain yang melibatkan rahasia suatu negara.

3. Barang peninggalan budaya berharga dan peninggalan lainnya dari suatu Negara, yang dilindungi serta dilarang untuk dibawa keluar.

4. Hewan & tanaman yang hampir punah, langka serta berharga (termasuk spesimen mereka), biji dan bahan reproduksi dari keduanya, yang dilindungi serta dilarang untuk dibawa keluar. 


PEMBERITAHUAN PENTING TENTANG PERANGKAT SAMSUNG GALAXY NOTE 7

Berlakunya larangan sementara penggunaan onboard dan pengisian baterai dari perangkat Samsung Galaxy Note 7 untuk semua tamu dan anggota awak. Agar dapat dimatikan dan mengamankan saklar daya dari perangkat Anda, serta menonaktifkan semua aplikasi yang mungkin tanpa sadar dapat mengaktifkan perangkat tersebut sementara didalam Kapal Pesiar. Anda disarankan untuk menyimpan elektronik dan barang-barang berharga dibrankas yang terdapat didalam kabin.


Boarding Day

Harap lakukan pemeriksaan akhir pada semua dokumen Anda dan barang – barang bawaan pribadi yang penting untuk kenyamanan pelayaran Anda.


Pemesanan Acara dan Fasilitas

Didalam Kapal Pesiar sendiri, sebagian besar dari perusahaan pelayaran sudah menawarkan Anda sebuah konsep liburan All inclusive dengan berbagai macam hiburan dan fasilitas rekreasi. Untuk menikmati fasilitas sebanyak mungkin, sangat disarankan untuk memahami denah dari Kapal Pesiar, serta menyusun rencana untuk menjelajahi setiap bagian Kapal yang hendak Anda kunjungi, sesuai dengan jadwal dan jam operasinya. Anda dapat memesan segala kegiatan di Service Counter ketika onboard.

Perawatan Medis

Bagaimana jika saya sakit?

Jika Anda memerlukan bantuan medis atas kapal, Anda dapat mengunjungi klinik selama jam buka atau hubungi resepsionis. Akan ada biaya untuk pelayanan medis yang diberikan.

Para tamu disarankan untuk membawa peralatan medis mereka sendiri jika perlu (misalnya, Nebulizer, C-pap, Bi-pap, obat-obatan, oksigen, dll). Anda harus memeriksa dengan dokter terkait sebelum berlayar untuk melihat apakah peralatan tersebut diperbolehkan onboard.

Untuk tamu dengan kondisi medis atau perawatan khusus, Anda perlu untuk mendapatkan persetujuan sebelum boarding. Persyaratan meliputi :

1. Persetujuan dari VP Nautical

2. Sertifikat kesehatan dari tamu yang sedang mengikuti/menjalani program dari dokter atau institusi kesehatan yang merinci tentang kondisi fisik serta obat – obatan yang dikonsumsi.

3. Bentuk ganti rugi yang ditandatangani/diperoleh dari dokter yang bertugas diatas Kapal Pesiar.

4. Dalam keadaan darurat apapun, pengaturan akan dibuat untuk membawa tamu ke rumah sakit terdekat. 


Kebijakan merokok

Merokok diizinkan didaerah yang sudah ditentukan saja (yaitu Bar. Merokok didalam Cabin/Kamar sangat dilarang). Rokok, rokok elektronik dan cerutu diijinkan diarea yang sudah ditentukan.

JANGAN PERNAH LAKUKAN

1. Membuang rokok atau cerutu ke laut, karena sangat mungkin rokok atau cerutu dapat terbawa kembali oleh angin ke kabin lain dan menyebabkan kebakaran yang serius.

2. Merokok digeladak terbuka dan balkon pada saat Kapal Pesiar melakukan pengisian bahan bakar.

SELALU LAKUKAN

1. Mematikan rokok atau cerutu hanya ke asbak umum yang telah disediakan.

2. Memastikan rokok dan cerutu benar-benar dipadamkan sebelum membuang ke dalam asbak.

Anda tidak bisa merokok pada saat di bawah ini :

1. Merokok dilarang disemua area selain diarea indoor yang disebutkan didalam Kapal Pesiar, termasuk area publik, kamar, lounge, koridor dan restoran, serta semua staterooms dan semua suite.

2. Jika asap terdeteksi di dalam kabin atau suite, terdapat biaya pembersihan yang akan ditagihkan ke rekening tamu.


Tips Saat Embarkasi

1. Setelah tiba di check-in area, lanjutkan ke jalur yang ditunjuk untuk kelas kabin Anda. Siapkan dokumen tiket dan perjalanan Kapal Pesiar Anda.

2. Check-in staff hadir ditempat untuk membantu Anda sesuai prosedur.

3. Atau, Anda dapat melakukan self-service check-in kios yang tersedia, sehingga Anda dapat menyelesaikan check-in prosedur yang lebih cepat dan mudah.

4. Setelah check-in prosedur selesai, Anda akan diberikan nomor kabin serta kartu kunci akses Anda.

5. Para tamu harus melewati pemeriksaan keamanan dan memperlihatkan kartu akses.

6. Setelah setelah pemeriksaan imigrasi, Anda dapat naik kapal pesiar, dan liburan Anda dimulai. 


KEDATANGAN DI CHECK-IN AREA

· Setibanya Anda di check-in area, harap perlihatkan slip Konfirmasi Anda kepada staff.

· Jika Anda memesan kabin jenis Suites, Anda akan memiliki jalur terpisah untuk check-in.

· Harap dicatat bahwa jika Anda memesan kabin jenis Balcony sementara keluarga Anda, kerabat dan teman-teman memesan kabin jenis Inside dan Oceanview, tidak mungkin untuk melakukan check-in atas nama mereka dan mereka pun tidak dapat menikmati prioritas check-in atau boarding.

· Disarankan bahwa satu orang melakukan check-in diatas nama kelompok lainnya, tapi pastikan bahwa Anda memiliki semua paspor dan dokumen perjalanan kelompok yang Anda wakilkan. 


MENUNGGU UNTUK CHECK-IN

· Sambil menunggu untuk check-in, staff dari Kapal Pesiar akan memeriksa paspor Anda untuk validitas dan visa (jika diperlukan) untuk mempercepat check-in proses.

· Harap sediakan paspor dan konfirmasi slip saat di counter di mana Anda akan diberikan Kartu Akses. Kartu Akses Anda sangat penting karena berfungsi sebagai boarding pass, kunci kabin dan sarana pembayaran saat diatas Kapal Pesiar.

· Pastikan untuk memiliki formulir imigrasi yang sesuai bersama dengan paspor Anda saat check-in. 


BOARDING

· Para tamu harus melewati pemeriksaan keamanan dan menyiapkan kartu akses mereka sebelum boarding.

· Bagi orang tua yang berpergian dengan anak – anak, dapat memegang Kartu Akses anak – anaknya atas nama mereka.

· Karena prosedur embarkasi dapat berubah dan berbeda dari pelabuhan ke pelabuhan harap selalu ikuti arah kru dan signage pada saat menaiki Kapal Pesiar.

· Harap diingat untuk menunjukkan kartu akses setiap kali Anda meninggalkan atau memasuki kapal.