loading videos
Loading Videos...

Belum Ke Jogja Kalau Belum Ke Sini !!

 


Siapa sih yang enggak pengen liburan ke Jogja?

Jogja memang lengkap banget. Semua jenis tempat wisata ada di Jogja, dan semuanya terasa menyenangkan buat dikunjungi. Kota Pelajar ini punya segalanya: baik itu tempat wisata budaya, kuliner, wisata alam, hingga wisata yang "Instagramable" pun ada.

Baru pertama kali ke Jogja? Tempat-tempat ini wajib banget kamu kunjungi biar kamu "sah" udah liburan ke Jogja.


1. Jalan Malioboro

Jelas saja tempat wisata di Jogja yang satu ini wajib ada di nomor 1. Kamu betul-betul belum ke Jogja namanya kalau enggak mampir atau paling enggak lewat Jalan Malioboro!

Selain untuk beli oleh-oleh, kamu juga bisa makan-makan di area Malioboro. Apalagi kalau malam, banyak banget warung tenda berdiri di sini.

Kalau kamu liburan ke Jogja dengan kereta, kamu bisa langsung berjalan kaki dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Jalan Malioboro karena lokasinya berseberangan. Apalagi kalau kamu tiba di sore hari. Duh, cocok banget untuk langsung isi perut di area Malioboro!


2. Kraton Yogyakarta



Jogja adalah sebuah Daerah Istimewa, yang dipimpin oleh seorang raja yaitu Sultan Hamengkubuwono X. Seorang raja tentu saja butuh istana, dan Kraton Yogyakarta adalah istananya. Sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta pun bisa kamu lihat langsung di sini.

Kamu bisa mengunjungi Kompleks Utama Kraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum pada pukul 08.30 - 13.00 WIB, kecuali Jumat hanya sampai 11.00 WIB. Ada pemandu yang bisa menemanimu menjelajahi area Kraton. Tetapi kalau kamu ingin berjalan-jalan sendiri pun tak masalah. 


3. Alun-Alun Selatan


Alun-Alun Selatan merupakan salah satu Sultan's Ground yang, sesuai namanya, terletak di selatan Kraton, namun masih di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta. Sedikit berbeda dengan Alun-Alun Utara yang biasanya hanya ramai ketika ada event besar yang digelar, Alun-Alun Selatan selalu ramai hampir setiap harinya. 

Di sinilah warga lokal maupun wisatawan bisa refreshing sambil bermain badminton, duduk-duduk santai, ngemil di warung tenda, atau malah keliling Alun-Alun menggunakan kereta hias! Semakin sore, biasanya semakin banyak orang yang datang ke sini, membuat area ini makin semarak. Oh ya, kalau pertama kali ke sini, jangan lupa mencoba tantangan berjalan melewati dua pohon beringin di tengah lapangan dengan mata tertutup. Konon, yang kita inginkan akan terkabul jika kamu berhasil melakukannya!


4. Taman Sari



Masih berada di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta, Taman Sari dulunya adalah pemandian pribadi bagi sultan dan para permaisurinya. Meski kini sudah tak digunakan lagi, Taman Sari kini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, terutama jika kamu baru pertama kali ke Jogja.

Selain area pemandiannya yang unik, kamu juga bisa menelusuri lorong-lorong bawah tanah di Taman Sari yang selain punya nilai sejarah, tapi juga Instagramable banget, terutama area masjid bawah tanahnya yang punya arsitektur tangga yang unik!


5. Tugu Yogyakarta


Tugu Yogyakarta adalah salah satu area ikonik lainnya di Jogja yang enggak boleh dilewatkan wisatawan, apalagi kalau baru pertama kali liburan ke Jogja. Umumnya, Tugu Yogyakarta adalah tempat berfoto yang wajib dikunjungi untuk membuktikan kalau kamu beneran udah ke Jogja!

Berfoto dengan latar belakang Tugu memang agak tricky, tapi Klook bisa kasih tipsnya ke kamu: kamu bisa berfoto dari pinggir jalan seberangnya - dengan timing yang bagus, kamu akan bisa mendapatkan foto yang ciamik!

Cara lainnya adalah dengan mampir ke restoran dan kafe yang terletak tepat di seberang Tugu. Biasanya restoran ini punya teras lantai 2, dan kamu bisa berfoto dari atas sana! Tentu aja kamu harus beli makanan dan minuman dulu ya di sini, jangan langsung masuk dan berfoto gitu aja.


6. Candi Prambanan


Candi Prambanan Yogyakarta adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, dan terletak di Klaten, tepatnya perbatasan antara Jogja dengan Jawa Tengah. Candi ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer, dan bahkan menjadi tempat syuting bagi variety show Netflix, Twogether, yang dibintangi Lee Seung-gi dan Liu Yi-hao.

Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 Masehi, oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Sebagian area candi berhasil dipugar setelah runtuh karena ditelantarkan dan berbagai bencana alam, namun sebagian lainnya tidak bisa dibangun kembali dan akhirnya dikumpulkan berserakan di sekitar kompleks candi. Diperkirakan, dulunya ada sampai 240 candi di area Candi Prambanan, meski kini hanya tersisa 18 candi saja.


7. Candi Borobudur


Oke, oke.  memang tidak berada di area Yogyakarta, melainkan di Muntilan, Jawa Tengah. Namun candi Buddha terbesar di dunia ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Jogja! Jaraknya dari pusat kota Jogja adalah sekitar 40km, atau 1,5 jam dengan mengendarai mobil. Enggak terlalu jauh kan?

Berbentu persegi dengan 9 platform dan satu candi utama di puncaknya, bentuk Borobudur benar-benar indah baik dilihat dari sekitarnya maupun dari ketinggian. Dindingnya berukir, dan bukan sekadar ukiran - namun jalinan cerita baik kondisi masyarakat di masa itu hingga cerita-cerita Buddha.

Candi Borobudur terutama populer banget di masa Waisak, ketika acara pelepasan lampion dilakukan sebagai bagian dari perayaan Waisak di sana. Selain itu, Candi Borobudur juga merupakan tempat wisata terbaik untuk melihat sunrise lho! Enggak heran kamu juga bisa menemukan , di mana kamu bisa menikmati pengalaman sunrise yang berbeda.


8. Pantai Parangtritis


Meski Pantai Parangtritis memang sangat "turis banget", tapi bagi kamu yang pertama kali ke Jogja, pantai ini tetap wajib kamu kunjungi. Dengan garis pantai yang cukup panjang dan area pasir pantai yang sangat luas, ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di Parangtritis, baik itu berburu foto keren di gundukan pasir, mengendarai ATV atau malah delman, bermain pasir, atau sekadar duduk-duduk menikmati angin laut.

Pantai Parangtritis juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset, jadi usahakan datang menjelang sore hari untuk mendapatkan pemandangan terbaik di sini!


Semoga rekomendasi di atas membantu Sobat ZTT memilih tempat wisata yang akan dikunjungi. Selamat berlibur :)