Pesona Pulau Kenawa di Sumbawa Barat




Bicara soal objek wisata di Indonesia seolah memang tak pernah ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke banyak sekali tempat-tempat indah yang layak dijelajahi. Di Sumbawa Barat (NTB), misalnya, ada lokasi Pulau Kenawa yang boleh jadi masuk dalam daftar destinasi liburan selanjutnya.

Nama Kenawa memang mirip dengan pulau lainnya, yakni Kanawa. Namun Kenawa dan Kanawa tentunya adalah dua pulau yang berbeda. Kanawa terletak di Flores, NTT, sementara Kenawa ada di Sumbawa Barat. Namun soal pesona alamnya, keduanya semirip dan layak untuk dijelajahi.

Travel Kompas menyebut, Pulau Kenawa mungkin hanya pulau kecil yang tak berpenghuni, namun pulau ini memiliki pesona yang membuat siapa saja akan terpukau karena keelokannya. Di sana kita akan mendapati hamparan padang rumput seperti di Afrika, bukit, dan pantai berpasir putih.

Padang rumput itu akan berwarna hijau cerah dimusim hujan, sebaliknya, dimusim kemarau akan berwarna kecoklatan. Namun soal keelokannya dikedua musim tadi, sama bagusnya.

Pulau Kenawa bahkan dijuluki The Hidden Paradise, berkat pesona alamnya yang masih asri. Pulau yang termasuk pulau gugusan Gili Balu ini termasuk pulau kecil dengan hanya memiliki luas 13,8 hektare, yang sekira cocok liburan menikmati alam dan jauh dari kebisingan kota.

Secara geografis, Pulau Kenawa masuk dalam Kabupaten Sumbawa Barat, yang berada di sebelah utara Pelabuhan Poto Tano, tempat kapal-kapal dengan rute Sumbawa-Lombok.


Naik bukit, berkemah, hingga berenang

Saat di Pulau Kenawa, kita akan disambut gapura bertuliskan "Kawasan Wisata Bahari Pulau Kenawa". Itu artinya, kawan siap menjelajah surga terpencil nan memesona tersebut.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di pulau tersebut. Bagi teman-teman yang menyenangi snorkeling, maka akan menemui indahnya biota laut serta beberapa hewan-hewan laut, seperti bintang laut, kuda laut, kepiting, dan aneka ragam jenis ikan yang lucu. Kira-kira demikian gambarannya. 

Jika tak ingin berenang, pengunjung bisa memancing atau sekadar menjelajah pasir di sekeliling pulau. Dijamin, kalian akan terpesona dengan pemandangan kontas antara hijaunya pulau dan birunya laut.

Tapi jika ingin bersantai sejenak, ada ada gazebo-gazebo di tepi pantai yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati deru ombak dan hamparan lautan yang membentang. Ingat, tak ada yang menjual makanan di pulau itu, jadi, siapkan makanan dan camilan secukupnya.

Karena tidak ada penginapan, maka berkemah adalah satu-satunya cara untuk menginap di Pulau Kenawa. Dengan berkemah, kalian akan lebih dekat dengan pemandangan matahari terbit, matahari terbenam, dan gambaran Gunung Rinjani dari kejauhan. Lain itu, pada malam harinya kalian akan dipuaskan akan hamparan bintang di angkasa.


Transportasi dan akomodasi

Lantas, bagaimana untuk bisa sampai dipulau nan eksotik tersebut? Jika kalian memang ingin liburan ke Pulau Kenawa, pastinya harus mengetahui transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk sampai ke sana.

Lantaran letaknya yang cukup terpencil, tentunya kalian harus merasakan naik turun berbagai transportasi. Bagi kawan yang berada di luar NTB, maka Lombok adalah sebagai destinasi paling mudah untuk mengakses pulau tersebut.

Dari Lombok, perjalanan akan dilanjutkan ke Pelabuhan Kayangan untuk menyeberang ke Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa. Untuk sampai ke pelabuhan itu, kalian bisa menumpang bus Damri dengan ongkos Rp50 ribu sekali jalan.

Tiba di pelabuhan Kayangan, sila beli karcis Rp20 ribu untuk menumpang kapal feri ke Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa, dengan waktu tempuh sekira 2 jam saja.

Sampai di Pelabuhan Poto Tano, ada kapal nelayan--umumnya kapal motor--yang bisa kalian sewa untuk bisa sampai di Pulau Kenawa, ongkosnya kurang lebih 250-300 sekali jalan. Jika kemahalan, kalian bisa berkongsi dengan wisatawan lainnya. Cukup 20 menit untuk sampai ke Pulau Kenawa dari Pelabuhan Poto Tano.

Tapi jika ingin bermalam dulu di pelabuhan Poto Tano sambil menyiapkan segala sesuatunya, kalian bisa menginap di hotel-hotel sekitaran pelabuhan dengan tarif Rp200-300 semalam. Baru keesokan harinya menyeberang ke Pulau Kenawa.

Nah, kapan lagi bisa menikmati pesona surga kecil di pulau tersebut? Yuk, mulai berkemas!


Sumber : goodnewsfromindonesia