Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Mandalika



Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Mandalika menjadi lokasi yang diminati para wisatawan terlebih setelah penyelenggaraan SuperBike 2021. 

Selain Anda menonton WSBK di sirkuit, Anda juga bisa mengunjungi banyaknya tempat wisata di Mandalika loh. 

Penasaran, mana saja tempat wisata menarik di Mandalika? Berikut sepuluh rekomendasi tempat wisata murah dilansir dari berbagai sumber : 


1. Pantai Sari Goang 
Dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Lombok, di tengah pantai ini terdapat pulau kecil berupa batu karang yang berlubang. Pantai ini masih asri dan alami karena masih sedikit wisatawan yang mengunjunginya. Pasirnya putih kecoklatan dan tempat ini cocok untuk melihat sunrise. 


2. Pantai Batu Payung 

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dengan adanya batu besar yang mirip seperti payung. Bagian bawah terlihat ramping kemudian bagian atas melebar sehingga kamu bisa berteduh di bawahnya layaknya payung. Lokasi pantai cukup dekat dengan Gili Anakanjan dan di sekitarnya terdapat beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi. 


3. Bukit Merese Lombok 

Bukit Merese atau lebih sering disebut dengan bukit cinta ini adalah bukit yang memiliki panorama indah, sehingga setiap wisatawan yang datang akan langsung jatuh cinta. Letaknya cukup tinggi dan titik paling menakjubkan di Bukit Merese adalah berada di puncaknya. 


4. Taman Wisata Alam Gunung Tunak 

Taman wisata alam ini menawarkan eksotika keindahan alam melalui komposisi apik antara pantai dan tebing-tebing perbukitan. Luas area taman wisata ini kurang lebih 1.200 hektar dan cocok bagi para pengunjung yang menyukai fotografi. 


5. Patung Putri Mandalika 

Tempat ini menjadi sejarah di Mandalika karena patung ini erat kaitannya dengan Putri Mandalika yang menyeburkan dirinya ke laut dan dipercaya menjelma menjadi cacing laut. 


6. Desa Adat Sade 

Desa Sade dijadikan desa wisata dikarenakan desa ini ditempati oleh suku asli Suku Sasak Sade Lombok yang masih memegang teguh kepercayaan, nilai budaya serta adat istiadat leluhur. Bangunan yang ada di desa Sade memiliki ciri khas bangunan tradisional Sasak. Berdinding anyaman bambu dan beratap rumbia kering dengan tiang terbuat dari kayu. 


7. Pantai Semeti 

Dalam hal keindahan, sejauh ini formasi bebatuan karang adalah daya tarik utama Pantai Semeti Lombok. Selain berfoto dengan latar batuan karang, aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan adalah kamu bisa bersantai di pasirnya yang putih bersih, memancing, atau susur pantai. 


8. Pantai Telawas 

Masih dekat dengan Pantai Semeti, pantai ini masih jarang dikunjungi sehingga terlihat lebih alami dan asri. Didominasi batuan karang beraneka bentuk dan ukuran, serta perbukitan karang yang rimbun dengan tetumbuhan. Selain itu di sini kamu juga bisa camping di pantai ini. 


9. Air Terjun Benang Kelambu 

Daya tarik yang pertama dari Air Terjun Benang Kelambu adalah keberadaan air terjunnya yang lebih dari satu, serta berada dalam satu lokasi utama yang sama. Arus air yang turun tidaklah deras, bahkan cenderung mengalir di tebing batu Mitos di Air Terjun Benang Kelambu terkait dengan cerita khasiat air yang mampu membuat awet muda, serta mencari berkah, dan keselamatan. Karena kawasan tersebut pernah dijadikan tempatnya orang-orang sakti. 


10. Air Terjun Tiu Kelep 

Air Terjun Tiu Kelep merupakan air terjun di kaki Gunung Rinjani yang sangat mempesona dan merupakan salah satu Tempat Wisata Alam di Lombok Utara. Air terjun ini sangat sejuk karena memang berada di kawasan alam yang masih sangat natural. Keunikan dari air terjun ini adalah keberadaan air terjunnya yang seperti tirai, yaitu dengan beberapa titik aliran air. Air terjun ini tingginya sekitar 42 meter dan kondisinya bertingkat.

Nama Tiu Kelep diambil dari bahasa suku Sasak yang menempati permukiman adat di kaki Rinjani. Arti Tiu Kelep adalah kolam terbang. Maksudnya, air cipratan dari air terjun ini akan terbang karena debit air yang deras. Maka dari itu, jika berkunjung saat ada matahari yang pas, akan terlihat pelangi di air terjun ini.


Nah itula tadi  sepuluh rekomendasi tempat wisata murah yang bisa kamu kunjungi saat ke Mandalika, jangan lupa untuk menggunakan jasa layanan Zullie Tour And Travel untuk kemudahan berwisata.