MAKASSAR – EXPLORE TORAJA 5D



MAKASSAR – EXPLORE TORAJA 5D

Keberangkatan : Jun – Dess 2022

 

Trip Itinerary

Day 1 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (--/MS/MM)

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Anda akan dijemput oleh Guide di depan pintu kedatangan. Lalu, Anda akan menuju ke pusat kota Makassar yang ditempuh selama ±30 menit perjalanan. Dalam perjalanan singgah sejenak di Pelabuhan Tua "Paotere" dimana Anda dapat melihat aktivitas para nelayan Bugis-Makassar yang sudah terkenal di dunia dengan perahu/kapal Phinisi-nya. Selanjutnya, Anda akan mengunjungi Benteng Rotterdam yaitu benteng peninggalan kerajaan Gowa-Tallo dengan bentuk unik yang menyerupai Penyu jika dilihat dari atas benteng, di kompleks benteng ini juga terdapat Museum Lagaligo. Sore hari, Anda akan mengunjungi Anjungan Pantai Losari yang ramai dikunjungi oleh warga Makassar dan para wisatawan untuk menikmati indahnya panorama sunset. Anda juga dapat menikmati kuliner khas Makassar-Pisang Epe'(optional=biaya pribadi). Setelah itu, Anda akan diantar ke hotel untuk check in dan beristirahat.

 

Day 2 Makassar – Pare Pare – Toraja (MP/--/MM)

Pagi ini perjalanan dilanjutkan menuju ke Toraja yang ditempuh selama ±8 jam perjalanan. Dalam perjalanan singgah sejenak di Kota Pare-Pare untuk menikmati makan siang (biaya pribadi). Selanjutnya menuju ke Puncak Lakawan atau yang dikenal juga dengan nama Gunung Nona untuk beristirahat sejenak. Lalu perjalanan dilanjutkan menuju ke Kota Rantepao Toraja dan akan tiba malam hari. Setibanya, Anda akan menuju ke hotel untuk makan malam dan beristirahat.

 

Day 3 Toraja Tour (MP/MS/MM)

Setelah sarapan pagi di hotel, Anda dijemput untuk mengunjungi Lemo-kuburan yang terletak di tebing batu dengan sederetan patung toraja Tau-Tau yang merupakan replika dari orang yang dikuburkan disana, mengunjungi Suaya yaitu makam raja-raja Sanggalla beserta keluarganya. Selanjutnya mengunjungi Londa, yaitu kawasan pekuburan tradisional yang terletak didalam goa alam dimana Anda dapat melihat peti-peti, tulang belulang, dan tengkorak jenazah yang sudah berumur ratusan tahun. Lalu mengunjungi Kete Kesu-perkampungan tradisional Toraja dengan sederetan rumah adat Tongkonan dan lumbung padinya. Kemudian kembali ke hotel untuk makan malam dan beristirahat.

 

Day 4 Toraja Tour (MP/MS/MM)

Dini hari sekitar pukul 04.00, Anda akan dijemput untuk mengunjungi Desa Lolai yang dikenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan yaitu salah satu desa yang terletak di pegunungan Toraja dimana Anda dapat melihat awan yang berada diatas kota Rantepao sambil menikmati indahnya matahari terbit (tergantung pada cuaca). Sampai pada waktu yang ditentukan, Anda akan kembali ke hotel untuk sarapan dan refresh. Lalu mengunjungi Kambira yaitu sebuah pohon yang dulunya dijadikan makam bagi bayi yang meninggal di dalam kandungan. Selanjutnya menuju ke Burake yang merupakan salah satu ikon dari Tana Toraja/ Toraja Selatan yaitu Patung Yesus yang dibangun di puncak Gunung Burake. Kemudian diantar ke Pusat Tenun Todi yang terletak di kota Rantepao dimana Anda dapat membeli souvenir khas Toraja berupa kain tenun khas. Setelah itu, Anda akan kembali ke hotel untuk makan malam dan beristirahat.

 

Day 5 Toraja – Pare Pare – Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (MP/--/--)

Setelah makan pagi, kembali ke Makassar. Peserta akan berhenti sejenak di Puncak Lakawan untuk melihat keindahan dan keeksotisan dari Gunung Bambapuang pada pagi hari. Mampir untuk makan siang di restaurant lokal di Kota Pare-Pare (biaya pribadi). Hari ini tiba di kota tujuan dengan penuh kenangan yang indah. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi Anda dalam program perjalanan wisata bersama kami (disarankan mengambil penerbangan diatas jam 18.00 waktu setempat).

 

Harga Tour

Harga Paket per orang (IDR) minimal 2 orang

Hotel

2 Pax

3 Pax

4 – 6 Pax

7 – 9 Pax

Single Supp

Makassar : Whiz Prime Hotel Hasanuddin Makassar 3*/setaraf

Toraja : Indra Hotel3*/setaraf

6.400.000

6.100.000

5.100.000

4.100.000

1.300.000

Makassar : Best Western Plus Makassar Beach 4*/setaraf

Toraja : Toraja Heritage 3*/setaraf

6.900.000

6.600.000

5.600.000

4.600.000

950.000

 

Harga Termasuk

»      Transportasi

»      Akomodasi

»      Tour dan makan sesuai itinerary

»      Pemandu wisata

»      Air mineral

 

Harga Tidak Termasuk

»      Tiket pesawat

»      Airport tax, fuel surcharge, bagasi

»      Optional tour

»      Pengeluaran pribadi (minibar, laundry, room service, telepon, internet, dll yang bersifat pribadi)

»      PCR/Antigen test (Jika diperlukan)

»      Asuransi perjalanan

»      Tipping IDR 35.000/pax/day

»      PPN 1%

 

Ketentuan mengenai Biaya & Pelaksanaan Tour

»      Harga berdasarkan 20 Peserta Dewasa + 1 Tour Leader.

»      Airport Tax Internasional, Fuel Surcharge, biaya visa dan asuransi perjalanan pribadi dapat berubah sewaktu-waktu, dan akan disesuaikan kepada peserta sebelum keberangkatan.

»      Dalam hal aplikasi visa (jika ada), Peserta bersedia memenuhi kelengkapan persyaratan dokumen sesuai jadwal dan ketentuan dari pihak Kedutaan, dan biaya visa tetap harus dilunasi walaupun visa tidak disetujui oleh pihak Kedutaan.

»      Pelunasan tidak dapat menunggu kepastian visa diterima atau tidak.

»      Group akan diberangkatkan apabila mencapai jumlah minimum peserta sesuai yang tercantum dibagian harga tersebut di atas.

»      Acara perjalanan dapat berubah / diputar berdasarkan kondisi tiap-tiap penerbangan dan hotel di masing-masing kota / negara. Apabila dalam periode tour di kota-kota yang dikunjungi sedang berlangsung pameran / konferensi, atau hotel yang ditawarkan sedang penuh, maka akan diganti dengan hotel-hotel lain yang setaraf di kota terdekat.

»      Apabila terjadi Force Majeur (kondisi di luar kendali seperti : kehilangan, kerusakan, gangguan, keterlambatan sarana angkutan/transportasi, bencana alam dll) yang dapat memengaruhi acara tour akan dirubah dan bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan). Dan Biaya Tour tidak termasuk segala pengeluaran tambahan yang disebabkan oleh Force Majeur.

»      Pengunduran diri / pindah tanggal / pindah acara tour sebelum tanggal keberangkatan akan dikenakan  biaya pembatalan, sbb :

Ø Setelah pendaftaran : Uang Muka Pendaftaran (non-refundable)

Ø 30 - 15 hari kalender sebelum tanggal keberangkatan: 50% dari biaya tour

Ø 14 - 07 hari kalender sebelum tanggal keberangkatan: 75% dari biaya tour

Ø 06 hari kalender sebelum tanggal keberangkatan : 100% dari biaya tour

»      Dengan membayar uang muka pendaftaran Biaya Tour, Anda dianggap telah memahami dan menerima syarat & kondisi di atas. Syarat & Kondisi Tour selengkapnya berlaku sesuai dengan yang tertera di dalam brosur program tour / website.

 

Pembayaran Tour

»     Deposit sebesar IDR 7.000.000/orang pada saat pendaftaran + Biaya Visa.

»     Uang Muka Pendaftaran tidak dapat dikembalikan (down payment non-refundable).

»     Paling lambat 21 hari sebelum keberangkatan : pembayaran 100% dari biaya tour.